Selasa, 13 Juni 2017

MENGENAL ULAMA DALAM BIDANG RASM AL QURAN BAGIAN 3



MUSHAF DI WILAYAH MAGHRIB AL AROBIYAH 

Mushaf cetak yang berada di wilayah Maghrib(Arab Maghrib) dalam ilmu al quran sering di sebut dengan istilah Maghrib Adna dan Maghrib Aqso, Adna sekarang adalah libiya dan Tunisia dan Magrib Aqso sekarang meliputi Wilayah ujung  Muritaniya,Maroko,Al Jazair, Terkadang Sudan juga masuk didalamnya Termasuk Andalusia pada saat zaman Kholifah  Bani Umayah sering di juga di masukkan kedalam Madrasah Maghrib, tetapi di Andalusia sendiri Madrasah Andalus cukup banyak dan wilayah Afrika lainnnya.

Diwilayah Maghrib mushaf cetak dan banyak digunakan adalah riwayat Imam Warasyy dan Imam Qolun Mushaf ini selain banyak di cetak di Maghrib Juga di cetak di Mujama Malik Fahd, mushaf dengan riwayat  bacaan Imam Warasy menggunakan metoda Imam Abu Dawud secara umum hanya saja ada beberapa perbedaan dengan Mushaf Masyriq yang menjadikan Imam Abu Dawud sebagai rujukan utama artinya dalam penulisan kalimat kadang berbeda, hal ini oleh karena adanya Tahrirooot dari para ulama mutaahirin terhadap kitab  ’Muhtasor Attabyiin Lihijail Tanziil’’  yaitu perubahan-perubahan terhadap hal hal yang di diamkan oleh Imam Abu Dawud dalam kitabnya, ulama yang memberikan pandangan ulang terhadap apa yang di diamkan oleh Imam Abu Dawud ini adalah Imam Abu Hasan Ali Bin Muhammad Al Balanasi, (W.567 H) dengan kitab Al Munshof Fi Hijail Mushaf, kalau pada pandangan sebelumnya bahwa apa yang di diamkan oleh Imam Abu Dawud menurut para ulama dihukumi  Isbat atau di tetapkan penulisannnya ,maka dalam hal ini Imam Al Balanasi Menghadf atau membuang  penulisannnya seperti hadf atau Isbatnya penulisan alif pada huruf yang di baca Mad Alif ( penetapan penulisan huruf alif) metoda penulisan ini secara umum di sebut Madhab Maghrib . (metoda yang di pakai di wilayah negeri-negeri muslim bagian barat Arobiyah). 

Sehingga secara umum bahwa di wilayah Maghrib ini memadukan  antara Imam Abu Dawud dan Imam Al Balnasi, seperti halnya mushaf riwayat Imam Warasy dari Nafi Al Madini yang beredar di wilayah Maghrib saat ini atau yang masyhur dengan istilah mushaf Muhammadi. pendapat lain juga menyatakan bahwa yang menjadi rujukan dalam mushaf maghrib adalah kitab Al Muqni Imam Abu Amr Addani, ketika terjadi perbedaan dengan Imam Abu Dawud atau sering di sandarkan dengan istilah mengikuti ulama wilayah Maghrib dan ulama Andalusia tetapi pendapat ini masih menjadi perbedaan karena pernyataan metoda Imam Addani secara khusus di Maghrib hanya di pakai diwilayah Maghrib Adna atau sesuai kitab Al Muqni secara Mutlaq. metoda yang di pelopori Imam Al Balnasi ini sering juga di sebut Madrasah Imam Abu Dawud Al Muharoroh .

Wilayah Maghrib bagian Adna yaitu libiya mushaf cetak yang di gunakan adalah mushaf dengan riwayat bacaan Imam Qolun dari Nafi Al Madini  menggunakan metoda Penulisan Imam Abu Amr Addani,  dengan rujukan kitab Al Muqni Fi Rasmil Masohifil Amsoor  Keterangan ini bisa kita lihat pada  lembar halaman tambahan atau Ta’rif Bihadal Mushaf, mushaf cetakan libiya dikatakan bahwa penulisan ini disandarkan kepada Imam Abu Amr Addani secara mutlaq. Mushaf ini adalah mushaf resmi Jumhuriyah Islamiyah Libiya.

Sebagai gambaran dalam halaman tambahan ta’rif bihadal mushaf Mushaf cetakan Maghrib selalu tercantum kata

Dan penulisan huruf-huruf  pada al quran ini adalah apa yang di riwayatkan oleh para ulama-ulama rasm dari Mushaf Usmani yang beliau jadikan rujukan untuk wilayah Madinah ,hal ini di di nukil /sandarkan oleh ulama-ulama ahli Andalusia dan Maghrib,dan dari mushaf yang Imam Nafi Asshsiy sebagaimana di nukil dari muridnya Al Ghozzi Bin Qois Al Qurthubi (W 199 H) yang beliau memperlihatkan mushafnya kepada mushaf Imam Nafi sebanyak  13 kali(membandingkan) ,dan bacaan tersebut /bacaan Imam Nafi termasuk bacaan Imam Malik sehingga secara fiqih dan bacaan quran wilayah Maghrib mengikuti Imam Malik….dan seterusnya .

PENGGUNA MUSHAF
Sampai sekarang mushaf ini masih tetap digunakan dan dicetak diwilayah Maghrib secara umum (Aqso)  yang masih terkenal adalah Mushaf Muhammadi Riwayat Imam Warasy dan juga wilayah Libiya (Adna) Menggunakan riwayat bacaan Imam Qolun dan sebagian besar wilayah Tunisia juga menggunakan bacaan Imam Qolun ini. jadi bisa kita ketahui bahwa wilayah maghrib selain menggunakan metoda penulisan Saikhoni juga di pelopori oleh ulama lainnnya sebenarnya wilayah maghrib bahasannya cukup panjang karena nantinya selalu di kaitkan dengan wilayah Andalusia,wallahu a’lam 

Bersambung ke ...

MUSHAF WILAYAH BENUA HINDIA,INDONESIA,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar