Kamis, 25 Februari 2016

MENGENAL MUSHAF STANDAR PAKISTAN



MENGENAL MUSHAF STANDAR PAKISTAN (2)


     Mushaf Standar Pakistan ini,  pertama di cetak oleh percetakan di daerah wilayah India dan Pakistan,  dan yang paling masyhur adalah mushaf cetakan  PT Taj Company, mushaf ini menggunakan metoda penulisan  Imam Ad-dani dan Asy-Syatibi (menurut Dr.Syafaat Rabbani), dan dicetak dengan khot/tulisan yang di kenal di wilayah Anak Benua Hindia dan Negara sekitarnya menurut Syaikh Rasyid Syaikh khot ini  di kenal dengan istilah khot Naskh Hindi atau khot Naskh Lahure karena di kenal di wilayah India juga Pakistan, rasm harokat, titik dan lainnya memudahkan kaum muslimin untuk membacanya. oleh Karena mereka kaum muslimin non arab/ajam yang tidak begitu bisa memahami khot /tulisan arab dan istilah-istilahnya, dan mereka juga tidak tahu kaidah-kaidah yang ada pada mushaf-mushaf cetakan negeri-negeri Arab.

         Mushaf ini adalah satu di antara varian dengan tanda baca yang berbeda dari mushaf Madinah, mushaf ini lebih di pengaruhi penulisan rasm sebagaimana mushaf-mushaf yang beredar di wilayah Turki, dan Bagdad, mushaf ini di tashih Oleh Dewan Ulama India, Pakistan, dan juga di cetak di Mujama Malik Fahd dan dengan tashih dewan tashih Mujama Malik Fahd Saudi Arabia atas permintaan Negara islam Pakistan saat pemerintahan jendral Dziaul Haq. dan sampai sekarang mushaf ini selain di cetak di di Negara-negara Anak Benua Hindia juga masih di cetak dan disebarluaskan oleh Mujama Malik Fahd Saudi Arabia.
Oleh dewan tashih dan percetakan Saudi Arabia al-quran ini di sebut dengan al-quran (Khot Naskh Ta’liq)/ Perpaduan Khot Naskh dan Fars walaupun menurut Khotot Syeikh Usman Toha bahwa khot itu bukan jenis Naskh Ta’liq tetapi khot arab tersendiri yang di pakai secara turun temurun di wilayah India atau Pakistan, tetapi menurut penulis bahwa varian cara penulisan seperti ini sudah banyak beredar di wilayah Turki, dan Bagdad. Maka saat kita kecil dahulu ketika kita belajar al-quran sebelum ada iqro’ pertama kita belajar dengan buku Turutan cetakan menara Kudus, metoda itu persis sama dengan metoda Bghdadiyah, dari jenis tulisan Khot atau Dobt-nya ( tanda baca).Yang masih menyimpan Buku turutan bisa dicek.

Secara asal usul pertama kali siapa yang menulis, tidak ada data yang menunjukkan penulisanya, mushaf tersebut telah ada dan biasa di gunakan sejak zaman dahulu di Anak Benua Hindia, atau bahkan diwilyah Baghdad cetakan secara besar-besaran di mulai sejak penjajahan Inggris atas India,

     Secara bacaan jumlah ayat, riwayat bacaan mushaf ini sama dengan Mushaf Standar Madinah, yang berbeda adalah mushaf ini sejak pertama kali cetak di buat dalam bentuk ukuran bervarian selain ukuran juga jumlah baris mushaf ini terdiri dari 18 baris,17,baris,16 baris,13 baris dan 15 baris ,dan paling banyak di cetak dengan varisn 15 baris seperti mushaf Standar Madinah. Juga selain yang utama tanda baca (Dobt) yang berbeda pada Mushaf Standar Pakistan ini, ada istilah Tanda Ruku’, Tanda Manzil, dan varian Tanda Waqaf. dan Ibda (awal permulaan juz) yaitu pada juz 4,7,11,14,20,21,23.berbeda dengan Standar Madinah.(beda beberapa ayat saja) Mushaf Standar ini lebih mirip ke Mushaf Bagdad.(akan di jelaskan Mushaf Bagdad) selain itu, mushaf ini secara penulisan rasm berbeda dengan Mushaf Madinah (Negeri Arab Masyriq dan Maghrib) menurut para ustad dari Jamiah Lahore (Jamiah Ruhmaniyah) bahwa mereka telah melakukan perbandingan dengan Mushaf Amiri dan juga Mushaf Madinah, perbedaan antara Mushaf Pakistan dan Mushaf Standar Madinah mencapai  2171 perbedaan, mulai dari segi penulisan ,pensyakalan, dan Dobt (Tanda bacaan)

      Mushaf ini di Indonesia yang dikenal adalah jenis cetakan yang berasal dari India sehingga sering di kenal Al-quran Bombay.dan jenis ini di Indonesia beberapa penerbit masih menerbitkannya. dan mushaf Standar Indonesia dalam penulisannya mengacu pada Mushaf Standar Pakistan (Bombay) dan Turki (Bahriyah.)

Negara pengguna mushaf jenis ini
-Pakistan-India-Banglades,Sebagian Wilayah Perbatasan Afganistan-Pakistan, Kasmir, Sebagian Uni Emirat Arab,Turki, Indonesia,Baghdad.

Contoh perbandingan mushaf
Dari gambar-gambar di atas Mushaf Standar Pakistan dan Standar Indonesia Hampir sama Perbedaanya hanya sedikit, seperti pada mushaf Standar Indonesia yang sekarang tanda waqaf lebih ringkas seperti halnya Mushaf Madinah, juga pada Mushaf Indonesia semua huruf di beri Nuqot Hijam( tanda hurufnya seperti huruf ya) sedangkan pada Mushaf Pakistan pada huruf ya domir atau pada huruf ya yang berbentuk maksuraoh tidak di beri titik hanya di beri tanda sukun saja, coba bandingkan.

Contoh Keterangan Tentang Waqaf Jumlahnya lebih banyak dan di gunakan sampai saat ini.





Untuk Pembahasan Mushaf Pakisatan Ini Insya Allah nanti akan dilanjutkan Pembahasannya.

2 komentar: