Rabu, 23 Desember 2015

BIOGRAFI SYAIKH KHOTOT USMAN THAHA

SYAIKH USMAN THAHA

KELAHIRAN
       


Nama lengkap beliau Abu Marwan Utsman bin Abduh bin Husain bin Thaha  lahir di Syiria halb (Aleppo) Beliau di kenal juga dengan nama Syaikh Khotot Al Halaby pada tahun 1934 M/1352 H. beliau di karunia 7 orang anak, ayahnya adalah seorang syaikh yaitu Abduh Husain Thaha,imam dan khotib di sebuah masjid dan seorang penulis /khototh yang terkenal di Negrinya.




                               SYAIKH USMAN THAHA

MASA PENDIDIKAN

       Beliau pertama kali belajar khot yaitu jenis Khot Riq’ah yang beliau peroleh dari orang tuanya yang pandai dalam menulis khot riq’ah,kebiasaan beliau melihat buku/kitab dengan khot riq’ah mendorong Usman Thoha kecil untuk menulis persis seperti apa yang ada di kitab yaitu dengan Khot Riq’ah,beliau menulis nadom dalam aqidah, mata-matan ilmu nahwu saat usia belaiu tidak kurang dari 8 tahun. Semua itu beliau pelajari dari perpustakaan dirumahnya juga



      Beliau kemudian di sekolahkan di daerah kota Halib yang di kenal dengan nama Aleppo untuk jenjang Ibtidaiyah Mustawasitoh dan Tsanawiyah (SD-SMP-SMA),di sanalah Usman Thaha mengenal khotot terkenal sekelas Muhammad Ali Mulawai, beliau belajar jenis khot riq’ah,Khot Farisi, dan Kitabah, belajar ke Muhammad Khotib,Husain Hasani Khotot dari Turki ,Abdul Jawaad Dan Syaikh Ibrahim Rifai Khotot Asal Kota Halb.

       Syaikh Usman Thoha mendapatkan lisensi ijazah dalam bidang Syariah Islamiyah di Universitas Damaskus tahun 1383 H./1964 M, dan juga mendapat gelar diploma dalam jurusan Tarbiyah pada universitas yang sama tahun 1384 h/1964 M. beliau juga belajar bahasa arab, ilmu rasm dan seni-seni kaligrafi islam,dari syaikh Sami Burahan Hafidzullah, dan juga Syaikh Naim Ismail Rahimahullah.

        Beliau mendapatkan ijazah dalam bidang khot( khot yang paling indah) melalui gurunya yaitu syaikh yang terkenal di dunia islam yaitu syaikh Al Ustad Hamid Amadi Rahimahullah, pada tahun 1973 M. beliau juga berguru pada para khototin ( ahli-ahli khot terkenal seperti) Muhammad Ali Maulawi, Ibrahim Rifai di Halib,Muhammad Badawi Addironi di Damaskus, Hasim Al Baghdadi. Salah satu juri perlombaan penulisan khot arab yang di adakan oleh Robithoh Alam Islami.

         Syaikh Usman Thaha pertama kali menulis khot al qur’an pada tahun 1970 M, untuk kementrian wakaf negaranya Suriyah.Tahun 1988 M beliau hijrah ke Saudi Arabiya untuk memenuhi panggilan raja Saudi yaitu Malik Fahd untuk menulis al quran yang akan di cetak di Mujama’ Malik Fahd  ,pada saat yang sama juga beliau di tunjuk  sebagai salah satu juri dalam musabaqah  penulisan Khot Arabi yang di adakan di Istambul Turki oleh Robithoh Alam Islami.

          Di Damaskus Syaikh Usman Thoha belajar banyak pada Syaikh Badawi Ad Dirony( seorang ahli khot di Negri Syam) belaiu banyak belajar darinya tentang khot Farisi,Tsulus dari tahun 1960-1967 M.

        Beliau juga banyak belajar dari syaikh khotot dari Iraq,ketika beliau berkunjung ke Damaskus beliau banyak belajar tentang khot,Nasakh dan Khot Tsuluts,Beliau telah menulis al quran dengan Rasm Usmani dengan berbagai riwayat bacaan selain riwayat Imam Hafs .seperti riwayat Imam Waras,Qolun ,Addauri,Su’bah, Ibnu Kasir dll.terutama 10 riwayat yang mashur.

       Sekali menulis alquran beliau menghabiskan waktu 2 tahun setengah dengan proses pemeriksaan yang berkelanjutan,

       Khot yang paling terkenal yang di tulisnya adalah Khot Mushaf Standar Madinah yang di tulis dengan khot nash yang di cetak di  Mujama’ Malik Fahd ( percetakam mushaf terbesar di dunia milik kerajaan Saudi Arabia) hampir semua orang di dunia mengenal bahwa Mushaf Madinah adalah hasil tulisan khotot syaikh Usman Thaha,dan mushaf jenis Standar Madinah ini, mushaf yang paling terkenal di dunia dan paling banyak di gunakan juga di dunia .beliau menulis dengan merujuk mushaf utama yaitu Mushaf Sarmali yang sebelumnya sudah ada di tulis dan di cetak di Mesir atau mushaf yang di jadikan standar dunia oleh dewan Tashih Al Quran Dunia yang berkedudukan di Al Azhar Mesir.beliau menulis mushaf madinah salinan yang asli dengan tinta khusus ,kertas khusus berukuran 70 x 100 cm dengan berat qur'an  60 kg.beliau sampai saat ini mengabdikan diri di percetakan Mujama’ Malik Fahd Saudi Arabia.

      Syaikh Usman Thaha sekarang berusia lebih dari 80 tahun dan 50 tahun dari usianya beliau gunakan untuk khidmah menulis mushaf al quran dengan berbagai riwayat,dan pada tahun ini 2015 beliau dan keluarga besarnya mendapat Manhah Jinsiyah ( mendapatkan status kewarganegaraan Saudi Arabia) dari Raja Salman,sebagai bentuk kehormatan dan pengahargaan atas semua jasasnya.














Disarikan  dari berbagai sumber
1.www.qurancomplex.org
2 http://fonts.qurancomplex.gov.sa . السيرة الذاتية لخطاط المصحف
5.harian arobiyah al anba tahun 2008 /26/mei
6. https://www.paldf.net
7.http://sabq.org/WqBgde

2 komentar: