Senin, 10 Oktober 2016

MENGENAL 10 IMAM QIROAT,(2)


MENGENAL 10 IMAM QIROAT, 20 IMAM RAWI DAN 80 JALUR PERIWAYATAN(2)



2.IBNU KASIR,Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Katsir addari al-Makki.belaiu adalah imam qiroah di makkah dan  termasuk seorang Tabiin ,beliau bertemu dengan Abdullah bin zubair,dan abu ayub al Ansari dan juga anas bin malik, lahir pada 45 H. dan wafat di Makkah pada 120 H.

Dua orang perawinya adalah Al-Bazzi dan Qunbul. 
- Al-Bazi adalah Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Abu Bazah, muadzdzin di Makkah, beliau diberi kuniyah (gelar) Abu Hasan, dan wafat pada 250 H. 
- Qunbul adalah Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad bin Khalid bin Sa'id al-Makki al-Makhzumi. Beliau diberi kuniyah Abu 'Amr dan diberi julukan (panggilan) Qunbul. Dikatakan bahwa ahlul bait di Makkah ada yang dikenal dengan nama Qanabilah. Beliau wafat di makkah pada 291 H.

 
3.ABU 'AMR BIN 'ALA'. Beliau adalah seorang guru besar para perawi. Nama lengkapnya adalah Zabban bin 'Ala' bin Ammaar al Mazini al-Basri.ada yang mengatakan namnya yahya, Beliau adalah qari' dari Bashrah (Irak,) lahir pada 67 H. dan wafat di Kufah pada 154 H.

Dua orang perawinya adalah Ad-Dauri dan As-Susi. 
- Ad-Dauri adalah Abu Umar Hafs bin Umar bin Abdul Aziz ad-Dauri an-Nahwi. Ad-Dauri nama tempat  di Baghdad. beliau wafat pada 246 H. 
- As-Susi adalah Abu Syu'aib Salih bin Ziyad bin Abdullah as-Susi. Beliau wafat pada 261 H.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar