Senin, 04 April 2016

Mushaf-Mushaf Kuno 2




2.Mushaf Jami Al Husain  Di Mesir (مصحف جامع الحسين في القاهرة)

Al quran ini terletak di sebuah kamar samping Jami’ Al Husain di Mesir, di simpan di sebuah kotak dari kayu dengan bungkus dari kulit , al quran ini terdiri dari 1087 lembar berukuran 57x68 cm dengan berat 80 kilogram, al quran ini di tulis dikertas dengan jenis Khot Kuffi Model Lama, al quran ini tidak ada harokat dan sakal, juga tidak ada pembuka awal surat, tidak ada jarak antar satu surat dengan surat lainnya juga tidak ada tanda yang membagi juz dan lainnya. hanya ada tanda yang menandakan ahir sebuah ayat .

Dr Toyar Altikulaj ulama dari Turki ( dahulu Ketua Dewan Diniyah Turki) meneliti mushaf ini dengan mengkopinya 2 jilid  di Istambul Turki pada tahun 2009 M 1430 H , beliau mempelajarinya dan membandingkan dengan mushaf kuno lainnya , beliau menyimpulkan bahwa mushaf ini di tulis pertengahan  abad pertama hijriah, dan ada pendapat lain bahwa mushaf ini di tulis ahir abad pertama hijriyah atau awal abad ke dua.

Berikut gambaran naskah mushafnya







Untuk lebih lengkapnya bisa di rujuk  dalam  kitab/buku karangan  Dr. Iyad Salim Assamiroiy dengan judul ‘’Dowahiru Rasmi Fi Mushafi Jami Al Husain Fil Qohiroh’’buku ini secara khusus membahas tentang mushaf ini buku ini di cetak Tahun 2012m/1433 h.tebal sekitar 600 halaman buku ini aslinya adalah risalah Doctoral di Universitas Tikrit di Iraq
 silahkan pembacanya bisa memperdalam sendiri

di lanjut ke 

3.Mushaf Jami' Amr Bin Ash di Mesir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar