Rabu, 02 Maret 2016

MENGENAL MUSHAF JAMAHIRIYAH LIBIA


MENGENAL MUSHAF JAMAHIRIYAH LIBIA


Mushaf ini adalah salah satu varian mushaf standar usmani yang ada, mushaf ini di cetak dan disebarkan oleh Negara libiya, mushaf ini secara penulisan sebagaimana keterangan di belakang mushaf pada Ta’rif bihadal mushaf menggunakan metoda Imam Abu Amr Addani, guru dari Imam Abu Daud An-najah yang menjadi rujukan metoda penulisan Mushaf Standar Madinah, mushaf ini menerangkan bahwa metoda penulisan arabnya menggunakan penulisan arab yang mendekati  qiyasi, dalam sebuah keterangan mushaf ini dahulu sering di gunakan dan dicetak pertama di kota Maslatah Libiya. sebagaimana keterangan di belakang mushaf yaitu: 

Mushaf Libiya , dengan Riwayat Imam Qolun Dari Nafi Di Cetak Dengan Rasm Usmaani Dengan metoda Penulisan Imam Abu Amr Addani.


Pada ahir bagian mushaf ini  di tambahkan keterangan tentang riwayat mushaf dan istilah-istilah rasm, dobtnya, sebagaimana dalam halaman bagian (wau) yaitu:


Dan jika di katakan rasm usmani maka itu adalah kaitannya dengan kitabullah, maka para ulama mengatakan tentangnya Hal itu pembahasan tentang  huruf-huruf pada mushaf yaitu secara hadf dan ziyadah, Ibdal, Faslnya dan waslnya ..dan lain sebagainya.


Dan para ulama kaum muslim telah menaruh perhatian sejak zaman dahulu kala pada bahasan rasm ini dan mereka telah mengumpulkannya dalam sebuah karangan , setiap ulama mempunyai karangan yang banyak tentang bahasan rasm ini. dan diatara mereka adalah Al Alim Syaikh Abu Amr Addani Dengan Kitab Al-muqni, yang telah menginspirasi kami untuk menulis mushaf  yang disandarkan dan dipilih oleh beliau, serta di ketahui bahwa mushaf ini adalah dengan sandarannya.



Dan kami memilih menggunakan rasm ini untuk Mushaf Jamahiriyah Libiya dengan dua alasan:
1.Menghidupkan warisan islam, dimana rasm ini meskipun terkenal selama ini hanya  terdapat pada karangan-karangan kitab, dan belum pernah ada yang melakukan untuk menulis mushaf ini sebelumnya mencetak dan menyebarkannya.
2.Sesungguhnya sebagian besar dari perhatian sejak dahulu kala adalah menjaga al-quran dinegara kami seperti di kota Masallatah, di kota ini mushaf di tulis dengan rasm ini, dan mereka menghafalnya seperti mereka juga menghafal al qur’an-nya,  demikian rasm ini mempunyai keistimewaan tersendiri dari yang lain, maka dari itu bahwasannya rasm ini lebih mendekati rasm Qiyasi jika di hubungkan dengan Hadf dan Isbat, kita mendapatinya secara jelas, pada sebagian besarnya di beberapa tempat/Negara-negara lain terkait  hadaf dan isbatnya pada al quran.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar