Rabu, 22 Juni 2016

PERMULAAN AYAT JUZ DARI JUZ 1-30 MUSHAF STANDAR MADINAH (Bag 1)

MENGENAL PERBEDAAN PERMULAAN AYAT AWAL TIAP JUZ DARI JUZ 1-30

Alqur'an yang beredar di dunia islam saat ini semua sepakat (berdasarkan Ijma’ kesepakatan para ulama Rohimahumullah Ajmain) yaitu terbagi kedalam 30 juz dan 60 hizb dengan Rujukan kitab Ghoisun Nafi’ Imam Safaqusi, Nadimatuz-zuhri Imam Asy-syatibi, Irsyadul Qurowalkatibin Milik imam Ridwan bin Ied Al-Mukholati dan dan Masodir-Masodir Mushaf Kuno.

Pada zaman para ulama dahulu pembagian Mushaf dengan Istilah juz  masih bervariasi ada yang 30, ada yang 60 ada yang 120,150 atau bahkan lebih banyak lagi, sebagaimana di bahas secara panjang oleh Ustadz Dr.Ghonim Qoduri Al Hamd dalam kitabnya Tahzibul Quran Fil Masodir Wal Masohif, atau kita bisa buka kitab para ulama Seperti Imam Abu Amr Addani, dalam Al bayan fi ady ayyil quran dan Kitab-kitab yang lain, pembagian tersebut adalah untuk memudahkan para pembaca al-quran atau hufad dalam menyelesaikan bacaannya, untuk lebih lengkapnya akan saya bahas nanti pada pembahasan Pembagian JUZ dan HIZB dalam alquran, isnya allah.

Untuk permulaan di mulainya ayat tiap awal juz ada perbedaan diantara mushaf yang beredar di dunia islam saat ini, sebagai contoh Mushaf Standar Madinah dan selain Madinah seperti Mushaf wilayah Anak Benua Hindia, dan termasuk Mushaf Standar Indonesia, bagi sebagian orang yang belum terbiasa mungkin akan kaget kalau biasa baca Mushaf Standar Indonesia atau Pakistan kemudian beralih ke Mushaf Madinah, karena ada beberapa awal permulaan juz di mulai dari ayat yang berbeda. Berikut perbedaan Ibda( mulai ) juz. 

1.      Awal Al-Fatihah
2.      سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ                                       (Al-Baqarah: 142)
3.      تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا                                                 (Al-Baqarah: 253)
4.      كُلُّ الطَّعَامِ كَانَ حِلًّا لِبَنِي                                         (Ali Imran: 93), menurut pendapat sebagian ulama dimulai dari ayat 92, yaitu: لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ
5.      وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ النِّسَاءِ                                          (An-Nisaa’: 24)
6.        لا يُحِبُّ اللَّهُ الْجَهْرَ بِالسُّوءِ                                     (An-Nisaa’: 148)
7.       لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً                                         (Al-Maaidah: 82), menurut pendapat lain dimulai dari ayat 83, yaitu: وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَى الرَّسُولِ
8.       وَلَوْ أَنَّنَا نَزَّلْنَا إِلَيْهِمُ الْمَلائِكَةَ                                       (Al-An‘aam: 111)
9.        قَالَ الْمَلَأُ الَّذِينَ                                                      (Al-A‘raaf: 88)
10.   وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ                                                 (Al-Anfaal: 41)
11.  إِنَّمَا السَّبِيلُ عَلَى الَّذِينَ                                              (At-Taubah: 93), menurut sebagian ulama dimulai dari ayat 94, yaitu: يَعْتَذِرُونَ إِلَيْكُمْ إِذَا رَجَعْتُمْ إِلَيْهِمْ
12.   وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأَرْضِ                                            (Huud: 6)
13.   وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي                                                      (Yusuf: 53)
14.   الر تِلْكَ ءَايَاتُ الْكِتَابِ                                               ( Al-Hijr: 1), menurut sebagian ulama dimulai dari ayat 2, yaitu: رُبَمَا يَوَدُّ الَّذِينَ كَفَرُوا
15.   سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ                                           (Al-Israa’: 1)
16.   قَالَ أَلَمْ أَقُلْ لَكَ                                                         (Al-Kahfi: 75)
17.   اقْتَرَبَ لِلنَّاسِ حِسَابُهُمْ                                                 (Al-Anbiyaa’: 1)
18.  قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ                                                       (Al-Mu’minuun: 1)
19.  وَقَالَ الَّذِينَ لا يَرْجُونَ                                                  (Al-Furqaan: 21)
20.   فَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِ                                                  (An-Naml: 56), menurut sebagian ulama dimulai dari ayat 60, yaitu: أَمَّنْ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ
21.   وَلا تُجَادِلُوا أَهْلَ الْكِتَابِ                                          (Al-‘Ankabuut: 46) , menurut sebagian ulama dimulai dari ayat 45, yaitu اتل مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ
22.   وَمَنْ يَقْنُتْ مِنْكُنَّ لِلَّهِ وَرَسُولِهِ مَرَّتَيْنِ                                 (Al-Ahzaab: 31)
23.   وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَى قَوْمِهِ مُنْزِلِينَ                                          (Yaasiin: 28), menurut sebagian ulama dimulai dari ayat 22, yaitu: وَمَا لِيَ لا أَعْبُدُ الَّذِي
24.   فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَبَ عَلَى اللَّهِ                                          (Az-Zumar: 32)
25.   إِلَيْهِ يُرَدُّ عِلْمُ السَّاعَةِ                                                      (Fushshilat: 47)
26.   حم ، تَنْزِيلُ الْكِتَابِ مِنَ اللَّهِ                                              (Al-Ahqaaf: 1-2)
27.   قَالَ فَمَا خَطْبُكُمْ أَيُّهَا الْمُرْسَلُونَ                                         (Adz-Dzaariyaat: 31)
28.   قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا                            (Al-Mujaadalah: 1)
29.   تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ                                                   (Al-Mulk: 1)
30.   عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ                                                               (An-Naba’: 1)

Penentuan awal juz dari 1-30 Mushaf Madinah Merujuk Ke mushaf-mushaf Yang beredar di wilayah Arab Masyriq terutama Yang beredar di wilayah Mesir, dan dengan Rujukan-rukan kitab  Ghoisun Nafi Imam Safaqusi, Nadimatuzzuhri Imam Asy syatibi, Irsyadul Qurowalkatibin Milik imam Ridwan Mukholati dan dan Masodir-Masodir Mushaf Kuno lainnya ,sebagaimana selalu di cantumkan dalam setiap cetakan pada halaman tambahan Ta'rif Bihadal Mushaf Atau Riwayat Hadal Mushaf  pada Mushaf cetakan Madinah atau negeri Arab lainnnya hal itu sudah di mulai sejak Mushaf-mushaf beredar diwilayah Mesir.

Ada yang menyebukan bahwa standar permulaan juz pada mushaf selain Standar Madinah di sebut Toriqoh Baghdadiyah yaitu merujuk pada mushaf-mushaf cetak yang beredar di wilayah Baghdad, seperti Mushaf Ibnu Bawab,Mushaf Auqof Baghdad,Mushaf Turki Mushaf Benua Hindia,Termasuk Mushaf Standar Kemenag Indonesia.

Jadi letak perbedaannya adalah Juz  4-7-11-14-20-21-23 perbedaannya satu atau dua ayat sebelum atau sesudahnya kecuali juz 20 dan 23 yang agak jauh.

1 komentar:

  1. untuk lengkapnya bisa bersambung ke bag PERBEDAAN PERMULAAN AWAL AYAT PADA SETIAP JUZ-HIZB DAN AKHIRANNYA (BAG 2)

    BalasHapus